Info
  • Meninggalkan Warisan
    Amsal 13:22 Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar.
  • Good Idea Vs God's Idea
    Yesaya 55:8-9 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Kecongakan mendahului Kehancuran (Ester 5: 9-14)


Ada satu dosa yang tidak bisa dihindari oleh siapapun di dalam dunia, bahkan oleh orang kristen. Dosa apakah itu? Kesombongan. Ada sebuah Dosa yang selalu dicemooh oleh siapapun di dunia ini ketika ia melihat itu ada pada diri orang lain, dosa apakah itu? Kesombongan. Dosa inilah, yakni kesombongan yang sedang menguasai diri Haman. Hal ini tercatat dengan begitu jelas di dalam Ester 5: 9-14 ini. Haman baru saja pulang dari perjamuan Ratu Ester dengan hati yang riang gembira. Dia keluar dari istana sambil berpikir:”Aku baru saja menghadiri suatu makan malam pribadi dan bertemu dengan raja dan ratu. Perjamuan itu benar-benar ekslusif, VVIP. Aku satu-satunya pejabat yang diundang oleh raja. Benar-benar sebuah kehormatan. Bintangku sedang terbit. Haman berjalan keluar istana dengan kebanggaan dan ego. Dia siap meledak dalam kesombongan. Tetapi ketika dia sampai di pintu gerbang istana raja, mukanya langsung muram. Hari itu tidak seluruhnya bahagia. Disamping kemuliaan itu, ternyata ada Mordekai yang menolak mengakui kekuasaan dan otoritasnya. Kepuasan kesuksesannya diganggu oleh pemberontakan Mordekai. Haman merasa dirinya diabaikan oleh Mordekhai, dirinya tidak diperhatikan oleh Mordekhai dan ini membuat dia sangat membenci mordekhai. Apa sebenarnya yang sedang terjadi pada diri Haman? Mengapa dia begitu marah, kalau mordkheai tidak bangkit berdiri menghormatinya? Apakah setiap orang akan marah jika tidak dihormati? Kalau saudara masuk ke sebuah bank dan tidak dihormati oleh Satpam, apakah saudara lantas marah? Belum tentu khan? Kita mungkin kadang-kadang marah kalau sedang sakit rohani kita. Raja Daud pernah bukan hanya tidak dihormati, tetapi juga dihina oleh Simei. Pada waktu itu, Absalom anak Daud, memberontak sehingga terpaksa Daud dan tentaranya mengungsi. Ketika raja Daud dan tentaranya telah sampai ke sebuah tempat yang bernama Bahurim, keluarlah dari sana seorang bernama Simei. Sambil mendekati raja, ia terus-menerus mengutuk. Daud dan semua pegawai raja Daud dilemparinya dengan batu, walaupun segenap tentara dan semua pahlawan berjalan di kiri kanannya. Beginilah perkataan Simei: “Enyahlah, enyahlah, engkau penumpah darah, orang dursila! TUHAN telah membalas kepadamu segala darah keluarga Saul, yang engkau gantikan menjadi raja, TUHAN telah menyerahkan kedudukan raja kepada anakmu Absalom. Sesungguhnya, engkau sekarang dirundung malang, karena engkau seorang penumpah darah.” Jenderalnya Daud yang bernama abisai sangat marah, dan berkata: Izinkanlah aku menyeberang dan memenggal kepalanya.” Tetapi raja Daud tidak mengizinkan mereka.(2Sa 16:5-12) Namun berbeda dengan Haman. Walaupun Mordekhai tidak mengutukinya, mordekhai hanya tidak mau sujud menyembahnya, sudah membuat Haman sangat marah. Mengapa Haman marah? Haman marah karena dosa kesombongan sedang menguasainya. Kesombongan ini yang membuat dia marah ketika melihat Mordekhai mengabaikannya. Apa itu kesombongan? Bagaimana saudara tahu bahwa diri saudara sudah sombong? Mudah. Kalau saudara ingin tahu seberapa sombongnya diri saudara, maka tanyakanlah pertanyaan ini pada diri saudara sendiri. * ”seberapa besar ketidaksukaan saya ketika orang lain mengabaikan diri saya?” * ”Seberapa besar ketidaksenangan saya, ketika orang lain tidak memperhatikan saya?” * ”Seberapa besar ketidaksukaan saya ketika orang lain merendahkan diri saya? Atau bersikap pamer dihadapan saya?” Semakin besar ketidaksukaan saudara ketika orang lain mengabaikan dirimu, merendahkan dirimu, maka itu artinya, semakin besar kesombongan saudara. Haman sangat tidak suka ketika Mordekhai mengabaikan dirinya. Haman juga sangat benci ketika Mordekhai tidak memperhatikan dirinya yang sudah dijamu oleh raja dan ratu. Haman juga sangat tidak suka ketika Mordekhai merendahkan dirinya dengan cara tidak mau bersujud kepadanya. Seperti itulah kesombongan. Kesombongan memang adalah dosa yang sangat halus. Jangan berpikir bahwa hanya orang kaya dan berkedudukan tinggi, yang jatuh ke dalam dosa ini. Orang miskin yang tidak punya kedudukan pun banyak yang jatuh ke dalam dosa kesombongan. Terkadang kita tidak mengerti mengapa kita marah kepada orang yang tidak memperhatikan diri kita. Misalnya, kita ke gereja, dan orang-orang di gereja mengacuhkan diri kita, tidak menegor diri kita. Kita kemudian marah dan mengatakan orang-orang gereja sombong. Benarkah seperti itu? Siapa yang sombong? Orang gereja atau diri kita?Kita marah karena kesombongan dalam diri kita sedang bersaing dengan kesombongan orang lain. Semakin sombong seseorang, maka orang itu akan semakin membenci kesombongan dalam diri orang lain., semakin saudara marah ketika orang gereja tidak memperhatikan saudara, itu artinya kesombongan saudara sangat tinggi. Kesombongan itu dosa yang halus. Seringkali kita menuduh orang lain sombong, namun sebenarnya pada saat yang sama kita lebih sombong dari orang lain itu. Ketika orang-orang gereja mengabaikan diri kita, dan kita tidak tersinggung dan tetap datang ke gereja, maka kita adalah orang yang rendah hati. Jadi kesombongan itu bersifat kompetitif atau bersaing dengan orang lain. Coba sdr perhatikan ayat 11´ Maka Haman menceriterakan kepada mereka itu besarnya kekayaannya, banyaknya anaknya laki-laki, dan segala kebesaran yang diberikan raja kepadanya serta kenaikan pangkatnya di atas para pembesar dan pegawai raja. (Est 5:11) Perhatikan kalimat terakhir: diatas para pembesar dan pegawai raja. Kesombongan itu bersifat kompetetif, atau bersaing. Apakah Haman senang dengan kekayaannya? Cukup senang. Dia memiliki banyak kekayaan, sampai bisa membayar raja 10.000 talenta perak untuk memusnahkan bangsa Yahudi. Ini berarti Haman memiliki uang lebih 340.000 KG Perak. Apakah Haman senang dengan anak-anak yang dimiliknya? Cukup senang. Sebuah Targum Yahudi mengatakan bahwa Haman selain memiliki 10 anak, dia juga masih memiliki 208 anak laki-laki lainnya. Apakah haman senang dengan segala kebesaran yang diberikan kepadanya? Cukup Senang. Namun hal yang paling membuat dia senang adalah karena kekayaannya dan kebesarannya berada di atas pembesar lainnya. Haman bangga karena dia memiliki lebih daripada apa yang dimiliki oleh teman sesama pejabat. Haman bangga bukan semata-mata karena dia kaya, bukan karena dia dapat kedudukan, melainkan karena dirinya lebih kaya dan lebih tinggi kedudukannya dibandingkan dengan orang lain. Seperti inilah sifat sombong itu, yakni bersaing, kompetetif. Jika teman teman haman, sama kayanya dengan haman, maka tidak ada hal yang perlu dsombongkan oleh Haman, Atau jika teman-teman Haman, punya kedudukan yang sama tingginya dengan Haman, maka tidak ada juga hal yang perlu disombongkan oleh Haman. Orang yang kaya, apakah bangga semata-mata hanya karena dirinya kaya? Enggak. Orang yang pintar apakah bangga semata-mata karena dirinya pintar? juga tidak. Dan orang yang tampan, atau cantik, apakah bangga semata-mata karena dirnya cantik dan tmapan? juga tidak. Orang yang kaya bangga karena dirinya lebih kaya dari orng lain. Orang yang pintar bangga karena dirinya lebih pintar dari orang lain dan orang yang cantik ataupun gagah, bangga karena dirinya lebih cantik atau lebih tampan dari orang lain.Jika setiap orang di dunia ini sama kayanya, sama pintarnya, dan sama cantiknya atau sama tampannya, maka tidak ada yang perlu dibanggakan atau disombongkan. Jadi perbandinganlah yang membuat anda bangga dan sombong. Saudara bangga karena bisa mengalahkan orang lain. Unsur persaingan ini ada dalam kesombongan kita. Ketika unsur persaingan ini hilang, maka hilang pulalah kesombongangan saudara. Perhatikanlah ayat 12, perkatan Haman: “Tambahan pula tiada seorangpun diminta oleh Ester, sang ratu, untuk datang bersama-sama dengan raja ke perjamuan yang diadakannya, kecuali aku; dan untuk besokpun aku diundangnya bersama-sama dengan raja. (Est 5:12)Hanya aku yang diundang, yang lain tidak diundang. Wah………ini membuatku bangga. Tetapi kalau semua diundang, …………..maka tidak membuat saya merasa bangga. Kesombongan memiliki sifat yang seperti itu. Jadi berhati-hatilah, ketika sdr mulai membandingkan dirimu dengan orang lain. Kesombongan pada hakikatnya memiliki sifat bersaing yang berbeda dengan dosa-dosa lainnya. Jika dua orang pria bersaing memperebutkan seorang gadis. Mereka akan bersaing memperebutkan gadis itu karena mereka ingin menikah dan mereka merasa cocok dengan gaids itu. Apalagi gaids itu selesai keramas, kelihatan sangat cantik. Persaingan mereka tidak memiliki unsur kesombongan. Mereka bersaing bukan untuk mengalahkan lawan, melainkan untuk mendapatkan sang gadis poujaan hati. Tetapi orang yang sombong akan merampas kekasih dari diri anda, bukan karena dia menginginkan gadis itu, melainkan hanya untuk membuktikan bahwa dirinya lebih tampan dan lebih hebat dari saudara. Atau sebaliknya, seorang wanita sombong yang merampas pacar orang lain, atau suami orang lain, bukan semata-mata karena dorongan seksual, tetapi oleh karena ingin membuktikan bahwa dirinya lebih cantik dan menarik dibandingkan pacar atau istri pria itu Jadi dosa kesombongan itiu sangat jahat. Saudara pasti tahu, apakah dosa ini ada dalam diri saudara atau tidak, yakni dengan menguji motivasimu ketika mendekati seorang gadis atau pemuda. Contoh yang lain adalah dalam hal ketamakan. Ketamakan mungkin mendorong orang untuk bersaing mendapatkan uang yang banyak. Tetapi orang yang sombong akan berusaha mendapatkan lebih banyak lagi sampai dirinya melampui semua orang. Ketamakan pasti akan membuat seseorang menginginkan uang yang banyak agar bisa membeli rumah yang besar, makanan dan minuman yang lebih mewah. Tetapi ketamakan hanya sampai disitu. Masalahnya adalah seringkali ketamakan itu digerakkan oleh kesombongan. Misalnya, seseorang sudah mendapatkan penghasilan sebesar Rp. 100.000.000 sebulan. Mengapa orang yang sudah mendapatkan Rp. 100.000.000 begitu bernafsu untuk mendapatkan lagi Rp. 200.000.000 sebulan? Bukankah Rp. 100.000.000 sebulan sudah lebih dari cukup? Dirinya bisa menikmati kemewahan dengan Rp. 100.000.000 itu. Apa yang mendorong orang tersebut ingin mendapatkan 200 juta bahkan 1 milliar sebulan? Apakah semata-mata hanya karena ketamakan? Ternyata bukan. Kalau hanya ketamakan, dia akan berhenti pada satu titik. Orang itu mengejar dengan tamak, uang yang banyak bukan semata-mata karena ketamakan, melainkan karena kesombongan. Dirinya ingin lebih kaya daripada orang kaya yang lain dan terlebih lagi dirinya ingin berkuasa. Itulah sebabnya, jarang sekali orang kaya itu hanya puas dengn kekayaannya. Biasanya dia akan mencari cara bagaimana dirinya bisa berkuasa dan lebih berkuasa. Ada yang mencari kuasa dengan cara bermain politik di pemerintahan, supaya bisa mendapatkan kedudukan. Ada juga yang lebih halus yaitu melayani di yayasan-yayasan sosial bahkan gereja untuk mendapatkan kekuasaan dan agar dihormati. Alasannya? Kekuasaan adalah seuatu yang benar-benar dinikmati oleh kesombongan. Tidak ada sesuatupun yang membuat seseorang merasa superior dari orang lain selain kemampuan untuk mengendalikan orang lain seperti prajurit-prajurit mainan. Apakah yang menyebabkan seorang gadis yang cantik mengoleksi banyak pacar? Tentunya bukan insting seksualnya. Tetapi karena kesombongan. Dia ingin mengendalikan pacar-pacarnya itu dan menikmati kuasanya atas pacar-pacarnya. Kesombongan itu bersifat kompetitif atau bersaing. Jika saya adalah orang sombong, maka selama masih ada satu orang di dunia ini yang lebih berkuasa, atau lebih kaya, atau lebih pintar daripada saya, maka dialah saingan saya atau musuh saya. Perhatikanlah sikap Haman dalam ayat 13. Akan tetapi semuanya itu tidak berguna bagiku, selama aku masih melihat si Mordekhai, si Yahudi itu, duduk di pintu gerbang istana raja.” (Est 5:13). Haman berkata bahwa semuanya itu, yakni kekayaan, kebesaran yang diberikan raja kepadanya serta kenaikan pangkatnya di atas para pembesar, jamuan makan eksklusif bersama raja dan ratu, semuanya itu tidak berguna selama dia masih melihat si Mordkheai, duduk di pintu gerbang istana raja. Masih ada satu orang di istana, kecuali raja yang tidak bisa dikuasai oleh Haman, yakni Mordekhai. Orang yang sombong seperti ini, yakni ingin agar semua orang berlutut kepadanya, dan jika seseorang tidak berlutut ,maka ini menjadi kekuatiran dan perhatian tunggalnya. Dan walaupun mordekhai memang tidak kaya, dan tidak berkuasa, tetapi mordekhai tidak bias dikuasai oleh Haman. Dan ini menjadikan Mordekhai menjadi saingan atau musuh Haman. Saingan yang seperti ini sulit dikalahkan. Uang tidak bisa mengalahkan Mordekhai demikian juga jabatan. Oleh karena itu, jalan satu-satunya untuk mengalahkan saingan ini adalah dengan membunuhnya. Di ayat 14 , Haman dinasehati oleh istrinya dan sahabat-sahabatnya untuk menyingkirekan Mordekhai:” “Suruhlah orang membuat tiang yang tingginya lima puluh hasta, dan persembahkanlah besok pagi kepada raja, supaya Mordekhai disulakan orang pada tiang itu; kemudian dapatlah engkau dengan bersukacita pergi bersama-sama dengan raja ke perjamuan itu.” Haman sangat menyukai ide ini dan kemudian ia menyuruh membuat tiang yang tingginya 50 hasta (75 kaki atau sekitar 25 meter). 25 meter itu, 6 tingkat. Ini merupakan cara penghukuman orang Persia, dimana sebuah galah ditusukkan ke dalam tubuh dan kemudian tubuh tersebut digantung pada tiang yang tingginya 25 meter.Ini adalah kematian yang menyedihkan, memalukan dan menyiksa. Ini mirip dengan penyaliban orang-orang Romawi. Orang Romawi mempelajari cara membunuh orang dengan menyiksa di kayu salib dari orang Fenisia, sedangkan orang Fenisia mempelajarinya dari orang Persia. Jadi nenek moyang hukuman salib adalah dari orang Persia. Hanya orang Persia tidaklah memaku tangan korban. Tubuh korban ditusuk kemudian di gantung. Haman hendak menggantung Mordkehai dengan ketinggian 25 meter karena kebencian Haman terhadap Mordekahi saudah amat dalam. Jadi hanya kematian yang menyakitkan dari Mordekhailah yang bisa memuaskan kesombongan Haman. Kesombongan Haman mesti dipuaskan dengan kematian yang memalukan dari Mordekkhai. Kesombongan adalah perseteruan. Kesombongan lah yang menjadi penyebab utama dari kesengsaraan umat manusia. Kesombonganlah yang menjadi penyebab hancurnya sebuah bangsa dan hancurnya sebuah keluarga. Kejahatan-kejahatan lainnya terkadang bisa mempersatukan orang. Orang-orang mabuk, masih bisa bersatu dan bersenda gurau. Demikian juga para pelacur, masih bisa bersatu. Penjudi juga masih bisa bersatu.Tetapi orang-orang yang sombong tidak akan pernah bisa bersatu. Penyebab perpecahan di gereja, adalah kesombongan. Ada orang-orang tertentu merasa dirinya lebih dan ingin lebih dari orang lain, sehingga akhirnya timbul perpecahan. Demikian juga perceraian dalam rumah tangga lebih banyak disebabkan oleh karena kesombongan pasangan suamia istri. Jika ada kerendahan hati, maka tidak perlu terjadi perceraian. Demikian juga halnya, dalam dunia pekerjaan. Kesombongan menjadi penyebab seorang karyawan mengfitnah teman kerjanya. Kesombongan juga yang menjadi penyebab seorang pengusaha menghancurkan usaha temannya. Haman hendak mempermalukan Mordekhai dengan kematian yang memalukan untuk memuaskan kesombongannya. Tetapi ada satu hal yang dilupakan oleh Haman, bahwa Allah itu hadir dalam setiap tingkah laku manusia. Francis Schaeffer :” Ia ada dan Ia tidak berdiam diri.” Janganlah pernah meragukan kehadiran Allah. Dan kalau saudara baca di pasal-pasal selanjutnya, betapa sangat ironis nasib orang sombong. Orang yang sombong bukan hanya melawan manusia tetapi juga melanwan Tuhan. Tuhan lah yang akan menentang orang sombong. Saudara mesti ingat ini baik-baik. Perhatikanlah hidup Haman. Haman sedang berada di luar istana mendirikan tiang gantungan yang tinggi untuk membunuh Mordekhai. Namun pada tengah malam, di dalam istana, Raja sedang memikirkan untuk menghormati Mordekhai. Sungguh Ironis. Allah sedang bekerja tanpa diketahui oleh Haman. Allah sedang bekerja untuk merendahkan Haman. Dan akhirnya kita tahu bahwa tiang yang setinggi 25 meter itu, akhirnya menjadi tempat gntungan haman, bukan Mordekhai. Bukan Mordekhai yang digantung tetapi Haman yang digantung. Allah itu bekerja menentang orang-orang yang congkak. Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.. Kesombongan mengakibatkan kehancuran; keangkuhan mengakibatkan keruntuhan. (Pro 16:18)Orang angkuh akan direndahkan; orang yang rendah hati akan dipuji. (Pro 29:23). Jika seseorang congkak atau sombong, maka hal itu akan menjadi awal dari kejatuhannya. Haman telah mengalami ini. Akibat dari keangkuhan adalah: Allah akan segera menghukum keangkuhan. Herodes: ketika Herodes membantai bayi , membunuh rasul Yakobus, Allah tidak langsung menghukumnya. Tetapi ketika Herdodes berpidato dan dan rakyatnya mengatakan :’ ini suara Allah, bukan suara manusia”, dia seketika itu juga ditampar oleh malaikat Tuhan (Kis12:23). Nebukadnesar menyombongkan dirinya, dan pada saat itu juga dia dihukum oleh Tuhan, bertingkah laku sepert binatang.. Keangkuhan merupakan dosa yang menyebabkan kejatuhan malaikat dalam dosa (Yes 14:13-14). Keangkuhan ini pula yang menyebabkan kejatuhan Adam dan Hawa: ”setan berkata: Allah tahu bahwa hari dimana engkau memakannya matamu akan terbuka, dan engkau menjadi sama seperti Allah” (Kej 3:5) * Konon, pada suatu perkampungan di Syiria ada seorang petani yang sangat percaya diri dengan kekuatannya * Suatu malam, petani ini pulang ke rumahnya dengan melintasi jalanan pekuburan sebagai ganti jalan lain yang biasa dilewati para penduduk desa sewaktu pergi pagi dan pulang sore. * Para penduduk desa telah memperingatkan petani itu akan berbagai resiko sewaktu melintasi jalan pekuburan di malam hari. * Akan tetapi, petani yang sombong dengan kekuatan fisiknya ini sama sekali tidak menghiraukan peringatan mereka. Bahkan, dia nekat untuk melintasi jalanan pekuburan itu sendirian tanpa ditemani seorang pun dari penduduk desa. * Secara kebetulan ada seorang petani dari desa lain melewati jalan yang sama menuju desanya yang bersebelahan. * Dia kemalaman di jalan sehingga terpaksa melewati jalan pekuburan itu untuk bisa sampai ke desanya secara pintas. * Dia berjalan tergopoh-gopoh, namun tak kunjung sampai di ujung jalan. * Terlihat oleh kedua matanya, pintu gerbang kuburan yang besar yang di atasnya tertancap obor kecil sehingga membuatnya gembira dan mengusir rasa takutnya. * Dia semakin mempercepat langkahnya menuju pintu gerbang itu. * Di tengah-tengah langkahnya itu, tiba-tiba dia sedikit terpeleset dan terperosok ke dalam kubang kubur yang masih menganga yang dipersiapkan untuk penghuni baru. * Diselimuti rasa takut dan cemas, dia mencoba berteriak dan dengan suara lantang memanggil para pejalan sambil meminta pertolongan. * Namun, tiada seorang pun memenuhi panggilannya. Lalu dengan segala cara, dia berupaya keluar dari kubangan itu tanpa hasil. * Dalam kondisi seperti itu, dia pun menyerah kepada nasib. * Malam itu, dia memutuskan untuk tidur di dalam lubang kuburan. * Beberapa saat dia masih duduki di pojok liang kubur hingga terserang kantuk dan akhirnya tidur karena kelelahan. * Setelah beberapa saat, si petani yang sombong memasuki lokasi kuburan. * Dia menyusuri jalan seperti biasanya. Akan tetapi, Tuhan menghukum kesombongan dia, sehingga dia terperosok ke dalam lubang yang sama di mana petani lain terjatuh di dalamnya. * Dia kemudian mengerahkan segenap daya untuk bisa terbebas dari lubang kubur. * Rasa takut dan cemas yang telah menggerogoti seluruh pikirannya. * Berulang kali dia coba untuk bisa keluar dari lubang itu, tapi tetap gagal. * Pada saat itulah, petani yang lain terbangun. Dia berdiri menghampiri temannya untuk membisiki telinga-nya, “Aku sudah berusaha keluar dari kubur ini sebelummu, hai tuanku, tapi aku tak berhasil. Marilah kita melewati malam kita bersama-sama.” * Belum selesai petani yang malang ini menyelesaikan kata-katanya itu, langsung saja petani yang sombong itu tersungkur ke atas tanah kuburan itu dalam kondisi sekarat karena saking takutnya. Dia kena serangan jantung. * Dia mengira si penghuni kuburlah yang membisikkan kata-kata itu ke telinganya. Tuhan pasti menghukum saudara kalau saudara sombong. Dan cara penghukuman Tuhan itu bermacam-macam. Kita semua sedang dicobai oleh dosa kesombongan ini. Saudara jangan memandang remeh dosa ini. Ini merupakan dosa yang sangat besar dan akibatnya juga fatal. Ketidaksucian, kemarahan, ketamakan, kemabukan, dosa seksual dan semua dosa, tidak ada artinya bila dibandingkan dengan kesombongan. Kesombongan menghasilkan semua kejahatan lain. Dosa-dosa lain dihasilkan melalui kedagingan kita. Tetapi dosa kesombongan datang langsung dari neraka. Dosa kesombongan jauh lebih tersembunyi dan lebih mematikan. Dosa kesombongan ini menyusup masuk tepat ke dalam pusat dari kehidupan kegamaan kita. Kesombonganlah yang membuat malaikat menjadi Iblis. Kesombongan ini pulalah yang merubah Haman menjadi seperti Iblis. Dosa kesombongan adalah nenek moyangnya dosa-dosa lainnya. Itulah sebabnya, kesombongan seringkali dipakai oleh guru dan orang tua untuk mengalahkan kejahatan-kejahatan yang lebih sederhana. * Misalnya ada seorang anak yang sangat penakut dan kurang percaya diri.. * Kemudian orang tuanya atau gurunya akan berkata kepada anak itu: ”kamu sebenarnya seorang anak yang hebat, pintar, punya banyak kemampuan. Kamu bisa mengalahkan teman-temanmu yang lain. Katakan pada dirimu, aku hebat, aku bisa melebihi teman-teman ku. Aku luar biasa” * Hal seperti ini banyak dipakai oleh pendidikan-pendidikan kristen yanag mengadopsi prinsip psikologi dan mengabaikan prinsip firman Tuhan. * Berusaha membangun harga diri anak tetapi tanpa sadar para guru dan orang tua sedang menyuntikkan racun kesombongan di dalam anak itu. * Untuk jangka pendek cara seperti ini bisa mengobati tetapi untuk jangka panjuang menghacurkan. Ingat kesombongan adalah awal dari kehancuran. Ini sama halnya, mengalahkan ketidakpercayaan diri dengan kesombongan. Itu sama saja kita sedang membangun kesombongan di dalam diri anak itu. Iblis tertawa ketika para guru dan orang tua melakukan tindakan itu. Iblis akan puas melihat anak-anak saudara atau saudara sendiri menjadi lebih berani, lebih menguasai diri, lebih Percaya Diri, namun pada saat yang sama Iblis sedang menegakkan kesombongan di dalam diri saudara dan anak-anak saudara. Saudara atau anak saudara akan sembuh dari sebuah penyakit yang remeh, tetapi saudara sedang menyuntikkan sebuah penyakit yang lebih berat, yakni kesombongan. Hal ini sama halnya dengan menyembuhkan bercak-bercak merah di kulit, tetapi sebagai gantinya saudara memberikan penyakit kanker kepada anak sdr. Sebab kesombongan adalah kanker spiritual, yang memakan habis kasih saudara, memakan habis perasaan cukup sdr, dan memakan habis akal sehat saudara. Rendah diri, masih bisa masuk surga, tetapi orang yang sombong pasti masuk ke neraka, karena dirinya melawan manusia dan Allah. Bagaimanakah mengalahkan kesombongan dalam diri kita? Haman sudah tidak sempat menghalau dosa kesombongan ini keluar dari dirinya. Dia keburu hancur oleh dosa ini. Demikian juga dengan Herodes. Herdoes tidak sempat merendahkan dirinya, dia ditampar oleh malaikat Allah. Sebelum dosa ini lebih menghacnurkan diri kita bahkan mematikan diri kita, segeralah tangani dosa ini. Cara untuk menangani dosa kesombongan adalah Pertama, sadarilah dan akui bahwa diri saudara sombong. Mengatasi kesombongan bukanlah dengan cara menganggap diri saudara rendah hati. Jika saudara menganggap diri saudara sudah rendah hati, maka sebenarnya saat itu saudara sombong. Akuilah kesombonganmu dihadapan Allah. Mintalah ampun dan mohonlah agar Tuhan memberikan kerendahan hati buat diri saudara Kedua, fokuskan hidupmu kepada Allah. . Agustinus, Bapa Gereja, mengatakan:” dosa adalah percaya sebuah kebohongan bahwa engkau menciptakan dirimu sendiri, bergantung kepada dirimu sendiri dan dapat menopang dirimu sendiri. Orang sombong bersikap seperti ini. Dia menjalani hidupnya diseputar dirinya sendiri. Dia menipu dirinya sendiri. Janganlah membangun kehidupanmu itu disekitar dirimu. Tetapi bangunlah disekitar Allah. Janganlah menceritakan tentang keberhasilanmu, kepintaranmu, tentang kekayaanmu, seperti yang dilakukan oleh Haman dalam ayat 11. Jika orang lain mengabaikan saudara, tidak menghormati saudara atau saudara tidak dianggap penting, janganlah marah. Saudara juga tidak perlu memberikan reaksi ketika tidak memperoleh pujian yang pantas anda terima Bukankah kita tidak lagi membangun hidup kita di sekitar diri kita. Saudara tidak perlu merasa dirimu penting. Hidup kita tidak lagi berfokus kepada diri kita tetapi kepada Allah. Ketika orang lain dimuliakan, mendapatkan keberhasilan: bersukacitalah. Mengapa harus sedih. Hidup kita diarahkan untuk kemuliaan Allah, bukan untuk kemuliaan diri kita. Kita tidak kalah ketika orang lain dimuliakan, karena kita tidak pernah berkompetisi adu kesombongan. Hidup kita difokuskan kepada Allah. Bahkan sebaliknya, buatlah hidup orang lain berhasil agar nama Tuhan dipermuliakan. Janganlah membandingkian diri saudara dengan orang lain, tetapi bandingkanlah dengan Allah. Lakukan yang terbaik bukan sebagai sebuah persaingan dengan orang lain. Demikian juga, lakukanlah sesuatu bukan demi pujian atau sanjungan, tetapi demi kemuliaan Tuhan. Jikalau saudara melakukan kesalahan, akuilah kesalahan saudara, tidak perlu bereaksi ketika orang mengkritik. Sambutlah kritik dan berkati mereka yang mengutuki saudara. Bukankah hidup ini difokuskan kepada Allah dan bukan kepada kemuliaan diri sendiri? Albert Einstein suatu saat mengatakan seperti ini:”cara untuk melepaskan diri dari kesombongan adalah bekerjalah. Kita memang dapat dicobai untuk memikirkan mengenai kehebatan kita, dan ini berbahaya. Cara terbaik untuk menghindari kesombongan adalah bekerjalah. Bekerjalah, dan belajarlah terus, lakukan itu untuk kemuliaan Tuhan, maka saudara akan dapat melawan dosa kesombongan, dan saudara akan terhindar dari kehancuran hidup. Fokuskanlah dirimu kepada Allah dan bukan kepada dirimu sendiri.