Info
  • Meninggalkan Warisan
    Amsal 13:22 Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar.
  • Good Idea Vs God's Idea
    Yesaya 55:8-9 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Profile Pdt. Ir. Timotius Arifin


Pelayanannya di GBI R.O.C.K Lembah Pujian, Denpasar, Bali yang bermula dari 50-an orang pada 22 Oktober 1989 terbilang sukses. Mengapa kini Pdt. Ir. Timotius Arifin malah pelayanan ke berbagai penjuru Tanah Air?

Saya melihat kebutuhan utama para pemimpin muda ataupun senior adalah bapak rohani dan mentor-mentor yang dilatih untuk melatih pemimpin yang lain. Itu sangat mendesak. Tugas saya membangkitkan bapak-bapak rohani yang bisa menjadi mentor dan bapak rohani dari para pemimpin.

Saya juga melihat ada pergeseran. Orang tidak lagi bicara gereja, tapi Kerajaan Surga. Istilahnya from the Church Age to the Kingdom Age. Pesan utama yang saya sampaikan adalah Kerajaan Allah. Segala sesuatu dilihat dari sudut pandang Kerajaan Allah. Dengan pesan ini saya melihat ada kebangkitan dan terobosan. Kita lihat dalam Daniel, Kerajaan Allah itu unggul daripada semua kerajaan dunia.

DIASPORA SECARA ALAMI

Tahun 1999, ketika terjadi kerusuhan di Ambon, kami baru berencana untuk mengembang ke Biak, Sorong, dan Jayapura. Kami belum siap. Tetapi kerusuhan memang dipakai Tuhan seperti dalam Kisah Para Rasul 8:1. Penganiayaan besar menghasilkan pertumbuhan rohani yang luar biasa. Banyak pemimpin dari Ambon pindah ke Jakarta, Surabaya, dsb.

Pertumbuhan di Papua tidak lepas dari kerusuhan 1999. Lalu, ketika Denpasar mengalami kesulitan ekonomi karena dibom dua kali, juga banyak pemimpin yang pindah ke kota-kota lain. Itu menjadi diaspora alami. Ini merupakan suatu cara Tuhan untuk memaksa kita keluar dari zona nyaman. Saya sebut itu akselerasi, percepatan. Rencana Allah jauh lebih hebat daripada rencana manusia. Sekarang, ROCK Ministry total ada 112 tempat.

BEKERJA LEBIH KERAS

Setiap kali menghadapi tantangan dan kesulitan, saya berteriak God is greater. Dia penguasa segala sesuatu. Tuhan punya spesialisasi di situ. Banyak orang berkata Bali akan tenggelam, Bali akan terbagi jadi dua. Kalaupun itu terjadi, apa yang bisa kita lakukan? Ada satu hal yang bisa kita kerjakan, yaitu bekerja lebih keras selama hari masih siang. Akan tiba malam ketika kita tidak bisa bekerja. Usia saya sekarang masuk 56 tahun. Orang lain retired (pensiun), saya refired, tambah berapi-api dalam Tuhan. Dan, saya pergi ke kota-kota yang belum pernah saya kunjungi selama 26 tahun pelayanan.

Ada pertanyaan, mengapa mesti membentuk gereja baru? Namanya bapak itu hubungan keluarga. Kalau mentor, tidak perlu. Para pemimpin yang kami layani ada yang membutuhkan mentor, ada pula yang perlu bapak (1 Kor. 4:15). Jadi, di beberapa kota saya cuma menjadi instruktur, tetapi di tempat-tempat tertentu Tuhan lahirkan putra-putra.

WASPADA PENYESATAN

Menghadapi situasi saat ini, Injil Lukas mengatakan supaya kita berjaga-jaga. Senjata Iblis yang terutama adalah penyesatan (deception) danperpecahan. Menghadapi itu kita harus tahu rencana Tuhan yang asli supaya tidak mudah diselewengkan atau ditipu. Banyak nabi dan rasul palsu, serta pekerja-pekerja curang di sekitar kita. Kita disuruh Tuhan melihat buahnya, bukankarunianya. Sayangnya, orang Indonesia kalau melihat karunia mudah terkesima. Akhirnya, nalar rohaninya tidak jalan. Itu yang perlu saya ingatkan, terutama soal penyesatan. Karena Iblis adalah master of deception.

Salah satu caranya dengan melihat hati (Mat. 5). Hati yang suci dan murah hati itu bisa langsung kelihatan. Kalau ada pemimpin bilang diutus Tuhan, tetapi sombong seperti Lucifer, tentu saja lebih mudah mendeteksi karena akar dosa adalah independency (ketidaktergantungan) pada Tuhan dan kesombongan.

MEMBANGUN MASYARAKAT MESIANIK

Visi ROCK adalah membangun kelu-arga dan masyarakat Mesianik. Tuhan memanggil kita untuk menjadi imam dan raja di muka bumi (Mzm. 2:10). Kita adalah perwakilan Kerajaan Allah di bumi. Seperti nama pelayanan kami, ROCK artinya Kristus, batu karang. Singkatannya Representative Of Christ Kingdom (perwakilan Kerajaan Allah). Kalau orang tahu siapa dirinya, semua sikap dan tindakannya akan berbeda. Bandingkan kalau kita hanya sebagai anggota suatu institusi agama dan kalau kita adalah perwakilan yang di-back up dengan kuat kuasa Allah sepenuhnya. Pasti beda, bukan?

Jadi, saya membangkitkan Kingdom awareness di mana-mana bahwa kita adalah putra Allah yang Mahatinggi. Kita akan memerintah bersama Dia. Bersiaplah karena kedatangan Tuhan sudah sangat dekat.

Pdt. Ir. Timotius Arifin adalah Senior Pastor R.O.C.K Ministry